Kamis, 17 Juni 2010

Faktor - faktor yang Meningkatkan dan Mengurangi Rasa Percaya Diri

Ketidak percayaan diri membuat seseorang menjadi marah terhadap dirinya sendiri dan mengakibatkan terganggunya prestasi belajar. Sebagian besar anak yang mearasa gagal dengan prestasinya sulit untuk mengembangkan kepercayaan diri. Takut dengan tugas yang menantang, takut akan kegagalan, dan terbiasa dalam mengambil tugas yang tantanggannya sedikit. Disini peran orang tua sangatlah berarti untuk memberikan motivasi ataupun penghargaan-penghargaan kecil untuk mningkatkan kepercayaan diri itu. Jangan diberikan hukuman apabila anak mendapat nilal yang jelek disekolahnya. Dukungan-dukungan bisa berupa kata-kata motivasi, pelukkan, ciuman, belaian lembut.
• Ada beberapa factor yang dapat membantu menigkatkan rasa percaya diri :
1. Pengenalan diri, mutlak diperlukan bagi siapa saja untuk mengenai dirinya sendiri, segala kelebihan maupun kekurangan setidaknya diketahui untuk dapat meningkatkan perkembangan sikap pribadi.
2. Umpan balik adalah sarana yang efektif untuk berinteraksi baik dengan diri sendiri maupun lingkungannya untuk memperoleh jati diri kita yang sebenarnya agar mempermudah perkembangan sikap pribadi.
3. Upaya pembentukan sikap adalah sebuah upaya untuk mengembangakan segi positif dan mengatasi segi negative yang dimiliki sehingga mampu memupuk ikap-sikap positif sesuai dengan peran anda sebagai remaja saat ini.
4. Pengembangan diri, hendaknya segala dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosial yang dapat membangkitkan rasa puas karena selain anda mampu mengembangkan diri, lingkunganpun bias menerima diri anda dengan baik
Keseluruhan factor tersebut tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan kagiatan dilingkungan anda.
• Ada beberapa factor yang dapat mengurangi rasa percaya diri :
1. Kemampuan / potensi seseorang yang mulai berkembang akan luntur secara tiba-tiba jika banyak orang disekitarnya mempunyai kemampuan lebih dari dirinya.
2. Kecantikan / keterampilan seseorang yang terlihat sekilas,akan luntur secara tiba-tiba bagi pemiliknya karena adanya kekurangan yang ada pada dirinya.

1 komentar: